Prosedur Pelepasan Informasi Kesahatan

Beberapa hal yang patut diperhatikan dalam proses dan prosedur pelepasan informasi kesehatan (misalnya, saat memberikan salinan/fotocopy RM) menurut Rano Indradi yang dikirim pada Group FB RanoCenter.net pada tanggal 10 Juni 2009 jam 15.09 WIB, yaitu:

  1. Semua permintaan copy RM harus tertulis dengan menggunakan formulir “permintaan salinan RM” yang disediakan oleh RS. Sediakan formulir permintaan fotocopy/salinan RM untuk diisi dan ditandatangani oleh pasien atau walinya yang sah (lampirkan surat kuasa + bukti identitas diri sah yang berlaku).
  2. Pastikan bahwa peminta copy RM tersebut adalah memang pasien yang berhak atas isi RM-nya.
  3. Konsultasikan dan konfirmasikan permintaan tertulis ini kepada atasan langsung Anda untuk mendapatkan persetujuan (atau penolakan).
  4. Siapkan rekam medis yang akan dicopy dan pastikan bahwa yang dicopy hanya sebatas yang dibutuhkan saja (prinsip need-to-know).
  5. Fotocopy RM selayaknya dilaksanakan didalam lingkup RS dan hanya oleh petugas RM yang berwenang. Berkas RM tidak boleh keluar dari RS.
  6. Setelah difotocopy, cek dan pastikan bahwa seluruh lembar RM tersebut tetap utuh dan urut seperti sebelumnya.
  7. Cek dan pastikan bahwa setiap lembar hasil copy pada kondisi jelas dan terbaca, tidak ada bagian yang hilang/terlipat/tertutup dan tidak ada kotoran yang mengganggu pembacaan hasil copy.
  8. Bawa dan tunjukkan RM asli dan hasil copynya kepada peminta.
  9. Tunjukkan lembar-lembar dari RM asli beserta hasil copynya tersebut dan pastikan bahwa lembar yang dicopy sudah sesuai dengan yang diminta dan sesuai dengan aslinya.
  10. Setelah lembar copy dinyatakan sesuai dengan permintaan dan sesuai dengan aslinya, maka masing-masing lembar copyan tersebut distempel “SESUAI DENGAN ASLINYA” dan ditandatangani oleh petugas/pejabat yang berwenang.
  11. Lembar copy RM diserahkan kepada pasien/peminta.
  12. Pasien/peminta mengisi dan menandatangani bukti serah terima salinan RM. Dalam bukti ini hendaknya dicantumkan jumlah lembar, jenis lembar/form, dan tercantum kalimat “telah saya periksa isinya dan sesuai dengan aslinya”.
  13. RM asli berikut bukti permintaan salinan dan bukti serah terima salinan RM disimpan kembali oleh petugas yang berwenang.

Catatan tambahan:
Orang yang mengambil hasil copy-an RM harus sama dengan yang mengajukan permintaan salinan RM, jika berbeda maka harus dipastikan bahwa pengambil ini membawa surat kuasa dan bukti identitas diri yang sah.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: