Sistem Pelayanan RM Di Analising dan Reporting RM

Adalah bagian yang bertanggungjawab terhadap analisa data dan informasi RM yang sudah terkumpul untuk diolah menjadi laporan. Bagian ini merupakan terminal dari kegiatan pencatatan dan pengolahan data RM.

A. Tugas Pokok analising dan Reporting RM :

  1. Setiap bulan menyusun laporan RL 1 berdasarkan rekapitulasi dan data tambahan lain yang diperlukan.
  2. Setiap bulan menyusun laporan RL2a dan RL2b yang disusun berdasarkan indeks penyakit rawat jalan dan rawat inap
  3. Setiap tahun menyusun RL3 berdasarkan data dari bagian tata usaha atau Pelayanan Medis.
  4. Setiap semester menyusun RL 4 berdasarkan data dari kepegawaian.
  5. Setiap tahun menyusun RL5 berdasarkan data dari IPSRS.
  6. Mengirimkan laporan RS berdasarkan peraturan Depkes

B. Dokumen dan catatan yang digunakan :

  1. Rekapitulasi harian, bulanan, dan triwulan,
  2. Indeks penyakit, indeks operasi, dokter, dan sebab kematian.
  3. Forfmulir RL1 sampai dengan RL6.
  4. Sensus harian dari setiap unit pelayanan.

C. Deskripsi kegiatan pokok Analising dan Reporting RM :

  1. Menerima sensus harian dari berbagai unit pelayanan.
  2. Merekapitulasi sensus harian ke formulir rekapitulasi harian, bulanan, dan triwulan.
  3. Membuat laporan RL1 tentang kegiatan RS setiap tiga bulan
  4. Membuat laporan morbiditas rawat jalan RS berdasarkan indeks penyakit rawat jalan setiap tiga bulan (RL2b)
  5. Membuat laporan morbiditas rawat inap  RS berdasarkan indeks penyakit rawat inap setiap tiga bulan (RL2b)
  6. Membuat laporan mortalitas RS berdasarkan indeks kematian.
  7. Membuat laporan jenis operasi RS berdasarkan indeks operasi.
  8. Membuat laporan kegiatan setiap dokter berdasarkan indeks dokter.
  9. Membuat laporan BOR, LOS, TOI, BTO, NDR, GDR rumah sakit berdasarkan rekapitulasi bulanan (RP1)
  10. Membuat cakupan pelayanan RJ, GD, RI.
  11. Membuat laporan RL3 tentang data Inventarisasi RS setiap tahun.
  12. Membuat laporan RL4 tentang data ketenagakerjaan RS setiap semester.
  13. Membuat laporan RL5 tentang data peralatan medis RS setiap tahun.
  14. Membuat laporan RL6 tentang infeksi nosokomial.
  15. Menyajikan grafik Barber Johnson RS dan setiap bangsal rawat inap.
  16. Menyajikan laporan lain dalam bentuk grafik.

D. Informasi yang perlu dihasilkan di bagian reporting RM

  1. Data klasifikasi 20 besar penyakit, sebab kematian, jenis operasi dan kegiatan dokter dalam periode tertentu.
  2. Tingkat efisiensi RS.
  3. Cakupan pelayanan RJ, RI, GD.
  4. Laporan RL1 sampai dengan RL6.
  5. Penyajian grafik-grafik kegiatan RS.

(sbr: Pengelolaan Sistem Rekam Kesehatan, Bambang Shofari (dr, MMR), tidak dipublikasikan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: